Budaya Nrimo Masih Jadi Ganjalan Perlindungan Konsumen Di Indonesia

Budaya Nrimo Masih Jadi Ganjalan Perlindungan Konsumen Di Indonesia

JEMBER - "Budaya nrimo (menerima) dan minimnya pengetahuan akan hak-hak konsumen di kalangan masyarakat menjadi ganjalan perlindungan konsumen di Indonesia, " ucap Rizal E Hambali, Ketua Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) RI.

Akibatnya konsumen yang dirugikan lebih banyak memilih menerima ketimbang menuntut hak-haknya. Hal itu disampaikan saat penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara BPKN dengan Universitas Jember (UNEJ) di aula lantai 3 gedung Rektorat, Jum'at (6/11/2020).

Menurut Rizal, "Survey Indeks Keberdayaan Konsumen (IKK) yang dilakukan oleh Kementerian Perdagangan RI, maka skor mengenai pengetahuan konsumen akan haknya dan pengajuan komplain masih rendah". Padahal aturan mengenai hal itu sudah ada.

Rizal mencontohkan, “Jika uang kembalian sepuluh rupiah tidak diberikan, maka umumnya konsumen kita memaklumi atau nrimo saja".  Ia mengajak dunia kampus seperti Universitas Jember turut serta mensosialisasikan hak konsumen melalui kegiatan pengajaran,

Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat atau Tri Dharma Perguruan Tinggi. BPKN RI juga mengambil langkah jemput bola dalam memberikan advokasi perlindungan konsumen, “Kami juga bersinergi dengan aparat penegak hukum.

Sementara itu Rektor Universitas Jember, Prof Dr. Ir Iwan Taruna, M.Eng, menyambut baik jalinan kerjasama ini. “Bentuk kerjasama yang bisa dilakukan bisa berupa riset dan kegiatan ilmiah lainnya.

Kerjasama ini juga membuka peluang bagi mahasiswa Universitas Jember untuk magang untuk mendalami masalah perlindungan konsumen seperti yang diprogramkan dalam Kampus Merdeka, " kata Iwan Taruna.
Sebelumnya penandatanganan, ada forum diskusi yang diikuti secara daring oleh beberapa dekan seperti Fakultas Pertanian, Fakultas Ilmu Komputer dan Fisipol. Para dekan juga memberikan masukan konstruktif terkait perlindungan konsumen. (Humas UNEJ/Siswandi)

Jember Jatim
UNEJ

UNEJ

Next Article

Unej Sumpah 155 Perawat Baru, Ditengah Pandemi...

Related Posts

Peringkat

Profle

UNEJ

lukman

lukman

Postingan Bulan ini: 1

Postingan Tahun ini: 1

Registered: Jan 12, 2021

WartaKampus.com

WartaKampus.com

Postingan Bulan ini: 0

Postingan Tahun ini: 0

Registered: Jul 30, 2020

ITB Bandung

ITB Bandung

Postingan Bulan ini: 0

Postingan Tahun ini: 0

Registered: Jul 31, 2020

ITS Surabaya

ITS Surabaya

Postingan Bulan ini: 0

Postingan Tahun ini: 0

Registered: Jul 31, 2020

Profle

UNEJ

Follow Us

Recommended Posts

Ditjen Dikti Berikan Apresiasi dan Penghargaan ke Insan Pendidikan Tinggi
Universitas Bung Hatta (UBH) Tuan Rumah Entrepreneurship Award 2021
Bakti Inovasi Universitas Udayana 2020, Menristek: Inovasi Harus Jadi Solusi Kesejahteraan Negeri
Ditjen Dikti Gelar Kegiatan Capaian Kineja 2020 Secara Daring
Universitas Bumi Hijrah Maluku Utara Mewisuda139 Wisudawan dan Wisudawati

Tags